0 %

standard / ARCHIVES

sunshine

Berapa SPF yang Bagus?

Published in Fashion
by Hafsyah

Sun Protection factor adalah satuan yang digunakan untuk mengukur intensitas perlindungan tabir surya dari sinar UVB. Apakah berarti kita harus memilih SPF yang paling tinggi untuk proteksi yang lebih baik? Berapa SPF yang paling bagus?

Broad Spectrum

Ada dua tipe sinar matahari: UVA dan UVB. Huruf A pada UVA berarti ”Aging” (penuaan) dan B pada UVB artinya “Burning” (pembakaran). Tabir surya yang mengandung UVB lebih populer sejak zaman dahulu, tetapi yang sebenarnya Anda butuhkan adalah produk pelindung matahari yang bertuliskan “Broad Spectrum”, artinya produk pelindung matahari tersebut memiliki fitur pelindung dari kedua sinar UV baik A maupun B.

SPF

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. SPF dalam sebuah produk pelindung matahari akan memberi tahu Anda sebaik apa produk tersebut dalam melindungi kulit Anda dari sengatan matahari. Angka SPF adalah penentu seberapa lama Anda dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk tersebut. Jadi, jika biasanya Anda membutuhkan waktu sekitar 15 menit sampai kulit Anda mulai terbakar matahari tanpa dilindungi apapun, dan Anda menggunakan SPF 10, produk tersebut akan memperpanjang waktu Anda hingga 10 kali lipat lebih lama sebelum terbakar, atau 15×10 menit = 150 menit alias 2,5 jam. Jika kulit Anda biasanya terbakar matahari dalam 10 menit jika tidak pakai krim pelindung, dan Anda menggunakan SPF 30, maka krim ini akan melindungi Anda dari paparan matahari selama 300 menit. Dan seterusnya.

Semakin tinggi angka SPF tidak mengindikasikan seberapa kuat perlindungan yang disediakan oleh produk tersebut. SPF10 melindungi Anda dari terik matahari sama baiknya dengan SPF15 atau SPF50 sekalipun. Tingkat SPF tinggi akan memblokir lebih banyak UVB, namun tidak menyediakan 100% proteksi dari risiko kulit gosong. Namun, produk ber-SPF tinggi mampu memberikan perlindungan lebih baik dari risiko kerusakan kulit jangka panjang, seperti kanker kulit.

Semakin kecil tingkat SPF, Anda harus lebih sering untuk mengaplikasikan ulang untuk memperlama waktu Anda beraktivitas di bawah terik matahari tanpa khawatir terbakar.

Perlu diingat bahwa produk pelindung matahari, baik itu tabir surya atau sunblock, mudah terbilas air, membuat sebagian tubuh Anda menjadi rentan terhadap sinar UV. Mengaplikasikan perlindungan matahari secara tidak merata atau tidak cukup sering dapat mengurangi efektivitasnya. Berapapun tingkat SPF dari produk yang Anda gunakan, gunakan ulang secara merata baik setelah jangka waktunya habis, atau segera setelah selesai berenang atau berkeringat.

emagz-df-zyta-delia (1)

Designer Focus: Zyta Delia

Published in Fashion
by Anastasia Gretti Schender
Brand pendatang baru asal Bandung ini bergabung di HIJUP pada 2017. Zyta Delia didirikan oleh Zyta Delia Rahmah yang melihat besarnya kebutuhan wanita muslim Indonesia akan produk modest fashion yang sesuai dengan selera fashion kekinian namun tetap menutup aurat. Apalagi di saat yang bersamaan kebangkitan sosial media punya potensi besar menjadi salah satu jendela fashion dunia.
Zyta Delia tampil beda menggunakan material pilihan berkualitas. Zyta Delia juga berani menuangkan ide-ide segar dalam setiap motif dan model kerudung rilisannya nan segar. Keunikan lain Zyta Delia adalah mengedepankan kenyamanan berbusana yang sesuai dengan karakter wanita Indoensia. Banyak kerudung motif yang Menyenangkannya lagi, semua ini dikemas dalam harga relatif bersahabat. Cocok dikenakan ke berbagai kesempatan baik formal maupun informal.  Dapatkan Zyta Delia, your daily signature scarf hanya di HIJUP.

 

zyta delia hijup zyta delia hijup 2 zyta delia hijup 3 zyta delia hijup 5  zyta delia hijup 4
sunblock

Apa Bedanya Sunscreen dan Sunblock?

Published in Beauty, Beauty Knowledge
by Hafsyah

Meningkatkanya mobilitas dan aktivitas harian kita sering kali mengharuskan kita berkegiatan di luar ruangan sehingga terpapar sinar matahari langsung. Untuk itu kulit kita membutuhkan perlindungan dari bahaya sinar UVA dan UVB. Dua produk yang populer digunakan adalah sunscreen dan sunblock. Kenali perbedaan keduanya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit secara maksimal.

Sunscreen

Sunscreen, atau tabir surya, adalah lotion cair kimiawi yang bertindak sebagai penyaring sinar matahari. Lotion sunscreen masuk ke dalam kulit dan akan menyerap radiasi UV sebelum mencapai lapisan kulit Anda dan merusaknya. Namun, tetap akan ada sebagian sinar matahari yang terserap oleh tubuh. Tekstur sunscreen lebih tipis dan akan terlihat tidak kasat mata saat diaplikasikan.

Sunblock

Sunblock mengandung mineral seperti zinc oxide atau titanium dioxide yang membangun lapisan di atas permukaan kulit, berfungsi sebagai dinding penghalang kulit dari sinar matahari. Tekstur lotion sunblock lebih kental, berwarna putih susu, dan dapat terlihat jelas oleh mata. Sunblock adalah rekomendasi perlindungan terbaik jika Anda memiliki aktivitas berjam-jam di bawah sengatan matahari, seperti berenang atau bermain di pantai.

Produk manapun yang Anda pilih, penting untuk memilih tingkat SPF yang terbaik untuk Anda. Para ahli merekomendasikan untuk menggunakan pelindung matahari yang memiliki fitur tahan air dengan jangkauan SPF 30 hingga 60. Selain itu, pastikan setiap produk yang Anda gunakan mengandung komposisi penangkal UVA seperti: zinc oxide, titanium dioxide, avobenzone, ecamsule, and oxybenzone.

haid

Mandi Wajib Haid yang Benar

Published in Faith
by Hafsyah

Haid adalah salah satu hadats besar yang menghalangi kesucian wanita dan menangguhkannya dari berbagai kewajiban sebagai muslimah. Mandi wajib wanita haid beda dengan hadats besar lainnya. Seperti apa mandi wajib haid yang benar?

haid

Dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha bahwa Asma’ binti Syakal Radhiyallahu ‘Anha bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tentang mandi haidh, maka beliau bersabda:

تَأْخُذُإِحْدَا كُنَّ مَائَهَا وَسِدْرَهَا فَتََطَهَّرُ فَتُحْسِنُ الطُّهُورَ أوْ تَبْلِغُ فِي الطُّهُورِ ثُمَّ تَصُبُّ عَلَى رَأْسِهَا فَتَدْلُكُُهُ دَلْكًا شَدِ يْدًا حَتََّى تَبْلِغَ شُؤُونَ رَأْسِهَا ثُمَّ تَصُبُّ عَلَيْهَا المَاءَ ثُمَّ تَأْخُذُ فِرْصَةً مُمَسَّكَةً فَتَطْهُرُ بِهَا قَالَتْ أسْمَاءُ كَيْفَ أتََطَهَّرُبِهَا قَالَ سُبْحَانَ الله ِتَطَهُّرِي بِهَا قَالَتْْ عَائِشَةُ كَأنَّهَا تُخْفِي ذَلِكَ تَتَبَّعِي بِهَا أثَرَالدَّمِ

“Salah seorang di antara kalian (wanita) mengambil air dan sidrahnya (daun pohon bidara, atau boleh juga digunakan pengganti sidr seperti: sabun dan semacamnya-pent) kemudian dia bersuci dan membaguskan bersucinya, kemudian dia menuangkan air di atas kepalanya lalu menggosok-gosokkannya dengan kuat sehingga air sampai pada kulit kepalanya, kemudian dia menyiramkan air ke seluruh badannya, lalu mengambil sepotong kain atau kapas yang diberi minyak wangi kasturi, kemudian dia bersuci dengannya. Maka Asma’ berkata: “Bagaimana aku bersuci dengannya?” Beliau bersabda: “Maha Suci Allah” maka ‘Aisyah berkata kepada Asma’: “Engkau mengikuti (mengusap) bekas darah (dengan kain/kapas itu).”

Dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha bahwa seorang wanita bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam tentang mandi dari haid. Maka beliau memerintahkannya tata cara bersuci, beliau bersabda:

تَأْخُذُ فِرْصَةً مِنْ مِسْكٍ فَتَطَهُّرُ بِهَا قَالَتْ كَيْفَ أَتَطَهُّرُ بِهَاقَالَ تَطَهَّرِي بِهَاسُبْحَانَ اللهِ.قَالَتْ عَائِشَةُ وَاجْتَذَبْتُهَا إِلَيَّ فَقُلْتُ تَتَبْعِي بِهَاأَثَرَا لدَّمِ

“Hendaklah dia mengambil sepotong kapas atau kain yang diberi minyak wangi kemudian bersucilah dengannya. Wanita itu berkata: “Bagaimana caranya aku bersuci dengannya?” Beliau bersabda: “Maha Suci Allah bersucilah!” Maka ‘Aisyah menarik wanita itu kemudian berkata: “Ikutilah (usaplah) olehmu bekas darah itu dengannya(potongan kain/kapas).” (HR. Muslim: 332)

An-Nawawi rahimahullah berkata (1/628): “Jumhur ulama berkata (bekas darah) adalah farji (kemaluan).” Beliau berkata (1/627): “Diantara sunah bagi wanita yang mandi dari haid adalah mengambil minyak wangi kemudian menuangkan pada kapas, kain atau semacamnya, lalu memasukkannya ke dalam farjinya setelah selesai mandi, hal ini disukai juga bagi wanita-wanita yang nifas karena nifas adalah haid.” (Dinukil dari Jami’ Ahkaam an-Nisaa’: 117 juz: 1).

Syaikh Mushthafa Al-‘Adawy berkata: “Wajib bagi wanita untuk memastikan sampainya air ke pangkal rambutnya pada waktu mandinya dari haidh baik dengan menguraikan jalinan rambut atau tidak.Apabila air tidak dapat sampai pada pangkal rambut kecuali dengan menguraikan jalinan rambut maka dia (wanita tersebut) menguraikannya-bukan karena menguraikan jalinan rambut adalah wajib-tetapi agar air dapat sampai ke pangkal rambutnya, Wallahu A’lam.” (Dinukil dari Jami’ Ahkaam An-Nisaa’ hal: 121-122 juz: 1 cet: Daar As-Sunah).

Maka wajib bagi wanita apabila telah bersih dari haidh untuk mandi dengan membersihkan seluruh anggota badan; minimal dengan menyiramkan air ke seluruh badannya sampai ke pangkal rambutnya; dan yang lebih utama adalah dengan tata cara mandi yang terdapat dalam hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, ringkasnya sebagai berikut:

  1. Wanita tersebut mengambil air dan sabunnya, kemudian berwudhu’ dan membaguskan wudhu’nya.
  2. Menyiramkan air ke atas kepalanya lalu menggosok-gosokkannya dengan kuat sehingga air dapat sampai pada tempat tumbuhnya rambut. Dalam hal ini tidak wajib baginya untuk menguraikan jalinan rambut kecuali apabila dengan menguraikan jalinan akan dapat membantu sampainya air ke tempat tumbuhnya rambut (kulit kepala).
  3. Menyiramkan air ke badannya.
  4. Mengambil secarik kain atau kapas (atau semisalnya) lalu diberi minyak wangi kasturi atau semisalnya kemudian mengusap bekas darah (farji) dengannya.
atasan untuk rok batik cover

Memilih Atasan yang Cocok untuk Bawahan Batik

Published in Fashion
by Anastasia Gretti Schender

Bawahan batik berupa rok ataupun celana memang memiliki tampilan yang cantik bila dikenakan untuk acara semi formal. Seiring berjalannya trend, tentu bawahan batik tak hanya dapat dipadukan dengan kebaya saja. Berbagai jenis blouse kini juga cocok dipadukan dengan bawahan batik. Yuk ketahui atasan seperti apa yang cocok untuk bawahan batik.

atasan untuk rok batik 3

Mars Indonesia – Comfy Plain Square
Covering Story – Adrella Top
Qonita Batik – Cullotes Sofia

shop-here-button-05

Untuk gaya yang simple dan minimalis kamu dapat mencoba blouse dengan nuansa warna senada sebagai paduan bawahan batik. Pilihlah blouse yang memiliki aksen kerut pada bagian depan, lalu kenakan dengan cara dikeluarkan untuk memberikan kesan yang lebih santai. Tambahkan sentuhan kontras pada jilbab yang kamu kenakan untuk memberikan kesan berwarna.
atasan untuk rok batik 2

Hauri Scarves – Diamond Square
Covering Story – Rayes Top
Qonita Batik – Cullotes Sofia

shop-here-button-05

Bagi kamu yang ingin tampil lebih unik, kamu dapat menggunakan atasan yang memiliki berbagai aksen. Pilihlah atasan yang memiliki aksen ruffle pada lengan dan dada. Jangan ragu untuk memadukan nuansa warna ungu sebagai atasan dan biru sebagai bawahan. Tampilan ini bisa kamu jadikan sebagai gaya semi formal nan elegan.
atasan untuk rok batik 1

Hauri Scarves – Fusion Square
Aiesha Abia – Arata Blouse
Qonita Batik – Cullotes Sofia

shop-here-button-05

Ingin menjadikan bawahan batik sebagai outfit untuk ke pesta? Kamu bisa memadukannya dengan atasan yang memiliki tekstur. Mengapa harus yang bertekstur? Karena paduan tersebut akan membuat tampilanmu tampak formal. Hindari atasan bermmotif karena itu akan membuat tampilanmu tampak terlalu ramai. Beri sentuhan simple dengan menambahkan jilbab polos.

granola

Nikmati Camilan Sehat tanpa Khawatir dari TFR Homemade

Published in Food, Inspiration
by Anastasia Gretti Schender

Siapa tak tidak suka dengan camilan? Selain bisa meningkatkan mood dan mengganjal perut, camilan seolah sudah menjadi teman sehari-hari. Namun tak semua camilan memiliki efek baik bagi tubuh. Sebagian orang justru menghindari camilan karena alasan takut gemuk dan sebagainya. Sebenarnya tak semua camilan berdampak buruk bagi tubuh, salah satunya adalah camilan dari TRF Homemade.
TRf 2

TRF Homemade dibuat oleh sepasang suami istri Tya dan Ditto. Tya dan Ditto memiliki passion yang sama pada makanan-makanan lezat dan memutuskan untuk meningkatkan kualitas hidup dengan gaya hidup yang lebih sehat. Seperti yang kita telah banyak ketahui, banyak makanan dan minuman yang beredar sekarang ini hanya membuat kita merasa bersalah setelah mengkonsumsinya karena mereka tidak sehat. Contohnya satu porsi dessert (yang memang membuat lidah kita tergoda) mungkin mengandung jumlah gula yang setara dengan kebutuhan gula manusia dewasa untuk satu minggu. Belum lagi makanan yang sudah “berenang”  di dalam minyak saat proses deep-frying, atau jumlah garam yang tersembunyi di dalam snack yang cukup untuk membuat ahli gizi manapun akan memasukannya ke dalam daftar makanan yang tidak dianjurkan dikonsumsi. Kecintaan Tya dan Ditto pada makanan dan minuman lezat serta tekad untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat akhirnya mendorong mereka untuk membentuk TRF Homemade. Mereka bukanlah ahli gizi, tetapi mereka sangat terbuka untuk berbagi resep-resep sehat yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

TRF 1TRF Homemade disebut sehat karena:

1. No sugar

Salah satu alasan untuk menghindari resiko diabetes. Satu sendok teh gula pasir mengandung 16 kilokalori. Selain itu gula pasir putih juga mengalami banyak proses di pabrik, termasuk proses pemutihan. TRF Homemade menggunakan pemanis dari kelapa sebagai pengganti gula pasir putih. Mengapa? Karena pemanis natural yang diekstrak dari tumbuhan. Coconut memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, sehingga lambat diserap oleh tubuh dan dapat mencegah kenaikan gula darah.

2. Less  dairy

Produk dairy adalah produk makanan yang diproduksi dari kelenjar susu mamalia. Produk dairy biasanya mengandung energi yang tinggi. TRF Homemade menggunakan raw almond milk atau susu kedelai sebagai pengganti susu sapi.

3. No table salt

TRF Homemade tidak menggunakan garam meja, kami hanya menggunakan sea saltSea salt diproduksi melalui proses evaporasi dari air laut/danau air asin, biasanya tidak melalui banyak proses.  

4. No cooking oil

TRF Homemade menggunakan minyak kelapa dan minyak zaitun.

wajib

Tata Cara Mandi Wajib

Published in Faith
by Hafsyah

Kesucian tubuh dari hadats besar maupun kecil merupakan salah satu syarat penting sahnya ibadah. Maka ketika kita berada dalam kondisi junub, kita diwajibkan mandi agar dapat kembali menjalani kewajiban beribadah. Bagaimana tata cara mandi wajib? Ada dua hadits yang menjadi landasan utamanya.

Hadits pertama:

عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – أَنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ إِذَا اغْتَسَلَ مِنَ الْجَنَابَةِ بَدَأَ فَغَسَلَ يَدَيْهِ ، ثُمَّ يَتَوَضَّأُ كَمَا يَتَوَضَّأُ لِلصَّلاَةِ ، ثُمَّ يُدْخِلُ أَصَابِعَهُ فِى الْمَاءِ ، فَيُخَلِّلُ بِهَا أُصُولَ شَعَرِهِ ثُمَّ يَصُبُّ عَلَى رَأْسِهِ ثَلاَثَ غُرَفٍ بِيَدَيْهِ ، ثُمَّ يُفِيضُ الْمَاءَ عَلَى جِلْدِهِ كُلِّهِ

Dari ‘Aisyah, isteri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi junub, beliau memulainya dengan mencuci kedua telapak tangannya. Kemudian beliau berwudhu sebagaimana wudhu untuk shalat. Lalu beliau memasukkan jari-jarinya ke dalam air, lalu menggosokkannya ke kulit kepalanya, kemudian menyiramkan air ke atas kepalanya dengan cidukan kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali, kemudian beliau mengalirkan air ke seluruh kulitnya.” (HR. Bukhari no. 248 dan Muslim no. 316)

Hadits kedua:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَتْ مَيْمُونَةُ وَضَعْتُ لِرَسُولِ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – مَاءً يَغْتَسِلُ بِهِ ، فَأَفْرَغَ عَلَى يَدَيْهِ ، فَغَسَلَهُمَا مَرَّتَيْنِ مَرَّتَيْنِ أَوْ ثَلاَثًا ، ثُمَّ أَفْرَغَ بِيَمِينِهِ عَلَى شِمَالِهِ ، فَغَسَلَ مَذَاكِيرَهُ ، ثُمَّ دَلَكَ يَدَهُ بِالأَرْضِ ، ثُمَّ مَضْمَضَ وَاسْتَنْشَقَ ، ثُمَّ غَسَلَ وَجْهَهُ وَيَدَيْهِ ثُمَّ غَسَلَ رَأْسَهُ ثَلاَثًا ، ثُمَّ أَفْرَغَ عَلَى جَسَدِهِ ، ثُمَّ تَنَحَّى مِنْ مَقَامِهِ فَغَسَلَ قَدَمَيْهِ

Dari Ibnu ‘Abbas berkata bahwa Maimunah mengatakan, “Aku pernah menyediakan air mandi untuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu beliau menuangkan air pada kedua tangannya dan mencuci keduanya dua kali-dua kali atau tiga kali. Lalu dengan tangan kanannya beliau menuangkan air pada telapak tangan kirinya, kemudian beliau mencuci kemaluannya. Setelah itu beliau menggosokkan tangannya ke tanah. Kemudian beliau berkumur-kumur dan memasukkan air ke dalam hidung. Lalu beliau membasuh muka dan kedua tangannya. Kemudian beliau membasuh kepalanya tiga kali dan mengguyur seluruh badannya. Setelah itu beliau bergeser dari posisi semula lalu mencuci kedua telapak kakinya (di tempat yang berbeda).” (HR. Bukhari no. 265 dan Muslim no. 317)

Dari dua hadits di atas, kita dapat merinci tata cara mandi yang disunnahkan sebagai berikut.

Pertama: Mencuci tangan terlebih dahulu sebanyak tiga kali sebelum tangan tersebut dimasukkan dalam bejana atau sebelum mandi.

Ibnu Hajar Al Asqolani rahimahullah mengatakan, “Boleh jadi tujuan untuk mencuci tangan terlebih dahulu di sini adalah untuk membersihkan tangan dari kotoran … Juga boleh jadi tujuannya adalah karena mandi tersebut dilakukan setelah bangun tidur.”

Kedua: Membersihkan kemaluan dan kotoran yang ada dengan tangan kiri.

Ketiga: Mencuci tangan setelah membersihkan kemaluan dengan menggosokkan ke tanah atau dengan menggunakan sabun.

An Nawawi rahimahullah mengatakan, “Disunnahkan bagi orang yang beristinja’ (membersihkan kotoran) dengan air, ketika selesai, hendaklah ia mencuci tangannya dengan debu atau semacam sabun, atau hendaklah ia menggosokkan tangannya ke tanah atau tembok untuk menghilangkan kotoran yang ada.”

Keempat: Berwudhu dengan wudhu yang sempurna seperti ketika hendak shalat.

Asy Syaukani rahimahullah mengatakan, “Adapun mendahulukan mencuci anggota wudhu ketika mandi itu tidaklah wajib. Cukup dengan seseorang mengguyur badan ke seluruh badan tanpa didahului dengan berwudhu, maka itu sudah disebut mandi (al ghuslu).”

Untuk kaki ketika berwudhu, kapankah dicuci?

Jika kita melihat dari hadits Maimunah di atas, dicontohkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau membasuh anggota wudhunya dulu sampai membasuh kepala, lalu mengguyur air ke seluruh tubuh, sedangkan kaki dicuci terakhir. Namun hadits ‘Aisyah menerangkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berwudhu secara sempurna (sampai mencuci kaki), setelah itu beliau mengguyur air ke seluruh tubuh.

Dari dua hadits tersebut, para ulama akhirnya berselisih pendapat kapankah kaki itu dicuci. Yang tepat tentang masalah ini, dua cara yang disebut dalam hadits ‘Aisyah dan Maimunah bisa sama-sama digunakan. Yaitu kita bisa saja mandi dengan berwudhu secara sempurna terlebih dahulu, setelah itu kita mengguyur air ke seluruh tubuh, sebagaimana disebutkan dalam riwayat ‘Aisyah. Atau boleh jadi kita gunakan cara mandi dengan mulai berkumur-kumur, memasukkan air dalam hidung, mencuci wajah, mencuci kedua tangan, mencuci kepala, lalu mengguyur air ke seluruh tubuh, kemudian kaki dicuci terakhir.

Syaikh Abu Malik hafizhohullah mengatakan, “Tata cara mandi (apakah dengan cara yang disebut dalam hadits ‘Aisyah dan Maimunah) itu sama-sama boleh digunakan, dalam masalah ini ada kelapangan.”

Kelima: Mengguyur air pada kepala sebanyak tiga kali hingga sampai ke pangkal rambut.

Keenam: Memulai mencuci kepala bagian kanan, lalu kepala bagian kiri.

Ketujuh: Menyela-nyela rambut.

Dalam hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha disebutkan,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا اغْتَسَلَ مِنَ الْجَنَابَةِ غَسَلَ يَدَيْهِ ، وَتَوَضَّأَ وُضُوءَهُ لِلصَّلاَةِ ثُمَّ اغْتَسَلَ ، ثُمَّ يُخَلِّلُ بِيَدِهِ شَعَرَهُ ، حَتَّى إِذَا ظَنَّ أَنْ قَدْ أَرْوَى بَشَرَتَهُ ، أَفَاضَ عَلَيْهِ الْمَاءَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ، ثُمَّ غَسَلَ سَائِرَ جَسَدِهِ

Jika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mandi junub, beliau mencuci tangannya dan berwudhu sebagaimana wudhu untuk shalat. Kemudian beliau mandi dengan menggosok-gosokkan tangannya ke rambut kepalanya hingga bila telah yakin merata mengenai dasar kulit kepalanya, beliau mengguyurkan air ke atasnya tiga kali. Lalu beliau membasuh badan lainnya.” (HR. Bukhari no. 272)

Juga ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan,

كُنَّا إِذَا أَصَابَتْ إِحْدَانَا جَنَابَةٌ ، أَخَذَتْ بِيَدَيْهَا ثَلاَثًا فَوْقَ رَأْسِهَا ، ثُمَّ تَأْخُذُ بِيَدِهَا عَلَى شِقِّهَا الأَيْمَنِ ، وَبِيَدِهَا الأُخْرَى عَلَى شِقِّهَا الأَيْسَرِ

Jika salah seorang dari kami mengalami junub, maka ia mengambil air dengan kedua tangannya dan disiramkan ke atas kepala, lalu mengambil air dengan tangannya dan disiramkan ke bagian tubuh sebelah kanan, lalu kembali mengambil air dengan tangannya yang lain dan menyiramkannya ke bagian tubuh sebelah kiri.” (HR. Bukhari no. 277)

Kedelapan: Mengguyur air pada seluruh badan dimulai dari sisi yang kanan setelah itu yang kiri.

Dalilnya adalah hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata,

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِى تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطُهُورِهِ وَفِى شَأْنِهِ كُلِّهِ

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mendahulukan yang kanan ketika memakai sendal, ketika bersisir, ketika bersuci dan dalam setiap perkara (yang baik-baik).”  (HR. Bukhari no. 168 dan Muslim no. 268)

FI_2017_AGUSTUS_10

Ketahui 3 Keunggulan Jilbab Organza

Published in Fashion
by Anastasia Gretti Schender

Satu tahun belakangan ini jilbab segi empat kembali menjadi trend di kalangan para wanita muslim. Mulai dari yang basic polos berbahan paris hingga jilbab segi empat satin motif. Memasuki pertengahan tahun 2017, trend jilbab segi empat semakin berkembang dengan material yang beragam salah satunya dalah material organza. Belum memilikinya? Maka ketahui 3 keunggulan dari jilbab segi empat yang satu ini.

1. Tampilan Elegant

Salah satu hal yang membuat jilbab ini memiliki nilai plus adalah tampilannya. Tekstur bahan yang cenderung kaku dan mengkilat membuat jilbab ini tampak stand out. Itulah mengapa jilbab organza bisa dijadikan sebuah fashion statement dalam penampilanmu.

2. Mudah Diatur

Ujung jilbab yang susah diatur atau sulit memiliki bentuk tegak sering kali menjadi permasalah para wanita berhijab. Jilbab organza seolah menjawab permasalahan tersebut. Karena ditunjang oleh bahan yang memiliki tekstur kaku, maka sangat mudah diatur dan dibentuk.

3. Tidak Mengganggu Pendengaran

Pernah merasakan sulit mendengar saat mengenakan jilbab berbahan tertentu? Yup, tentu rasanya tidak enak. Namun hal tersebut tidak akan kamu rasakan bila menganakan jilbab organza. Dengan pori-pori bahan yang besar, jilbab organza memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga tak penggagu pendengaranmu.

jilbab organza hijup 5

Hauri Scarves – Organza

shop-here-button-05

Jilbab yang satu ini merupakan jilbab basic polos berbahan organza. Dengan berbagai pilihan warna sangatlah cocok kamu kenakan dengan padu padan outfit apa saja.

jilbab organza hijup

Zysku Xena – Printed Organza Scarf Pattern Crush For HIJUP

shop-here-button-05

Bagi para penggemar motif, jilbab segi empat organza yang satu ini sangat cocok untukmu. Motif abstrak dengan paduan warna pink dan navy ini sangat cocok kamu paduan barsama denim atau gaya casual lainnya.

jilbab organza hijup 4

Hauri Scarves – Fusion Organza

shop-here-button-05

Tak ingin tampil biasa? Maka kamu wajib memiliki jilbab organza yang memiliki detail ring ini. Kesan edgy dan elegant bertemu menjadi satu tampilan yang stylish.

jilbab organza hijup 6

OWN by Nina Sept – OWN Organza Scarf

shop-here-button-05

Berbeda dengan jilbab organza lainnya. Dalam tampilan simple, jilbab organza ini cocok bagi kamu yang memiliki kepribadian feminin karena memiliki aksen tassel yang manis.

jilbab organza hijup 2

Zysku Xena – Printed Organza Scarf Vintage Flower For HIJUP

shop-here-button-05

Para pecinta motif flowery tak perlu khawatir. Karena kinijilbab organza juga tersedia dalam motif-motif flowery yang tak kalah cantik.

NCNN9034

Temukan Rahasia Kulit Kepala Sehat Para Hijabers dalam Hijabers Day Out

Published in Beauty, Entertainment
by Anastasia Gretti Schender

NCNN9034Dalam rangka memperkenalkan Cool Therapy+++, Matrix dari L’Oreal Indonesia mengadakan event yang bertajuk Hijabers Day Out by Matrix and Hijabers Community pada 5 Agustus 2017, bertempat di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta. Acara ini menghadirkan talkshow bersama Brand General Manager Matrix Indonesia Amanda Indarwulan, Brand Ambassador Matrix Indonesia Dhini Aminarti, Fashion Blogger Sarah Sofyan serta Dokter Dermatologist Armansjah Dara Sjahruddin yang membahas masalah rambut bagi para wanita berhijab. Ketombe dan rambut rontok merupakan dua hal yang menjadi masalah yang sering ditemui. Penyebabnya bisa timbul dari penggunaan hijab pada rambut yang masih basah serta rambut yang sering diikat selama mengenakan hijab. Sehingga rambut menjadi lembab dan kurang mendapatkan nutrisi yang sesuai. JPPC4417 Cool Therapy+++ merupakan rangkaian produk perawatan untuk tiga masalah kulit kepala untuk para wanita berhijab agar bersih dari ketombe, rambut rontok serta sensasi segar 72 jam. Karena rambut rontok, ketombe dan kulit kepala yang berminyak merupakan masalah yang sering dihadapi oleh para wanita berhijab. Hal ini disebabkan oleh kulit kepala yang lembab dan selalu tertutup membuat kelenjar minyak bekerja lebih keras dan menghasilkan lebih banyak minyak. Cool Therapy+++ mengombinasikan bahan aktif dan alami sehingga aman digunakan. Rangkaian Cool Therapy+++ terdiri dari sampo, scrub kulit kepala, masker serta serum. Produk terbaru Matrix ini dapat kamu temui di salon-salon Matrix yang ada di Indonesia. Harga yang ditawarkan pun berkisar antara Rp50.000 hingga Rp250.000. Buat kamu yang memiliki masalah rambut, Cool Therapy+++ bisa jadi rekomendasi perawatan rambut kamu.

emagz-df-evolet

Designer Focus: Evolet

Published in Fashion
by Anastasia Gretti Schender

Setiap wanita muslim memiliki cara-cara tersendiri untuk tampil stylish. Salah satunya dalah mengenakan busana muslim yang berpotongan unik. Evolet merupakan salah satu brand busana muslim asal kota Bandung yang menjawab kebutuhan para wanita muslim yang ingin memiliki fashion item unik.

Berdiri sejak tahun 2011, brand ini didirikan oleh seorang fashion enthusiast bernama Ira Maryani Hasan. Tujuannya mendirikan brand Evolet adalah untuk memberikan alternatif busana muslim wanita yang nyaman, stylish dan up to date namun tetap dengan harga yang terjangkau bagi kalangan menengah. Meski dengan harga terjangkau, sang pendiri tentu tetap memperhatikan kualitas material, jahitan, serta berbagai aspek leinnya untuk menunjang kenyamanan. Percantik gaya busana casual hingga formal dengan berbagai fashiion item dari Evolet. Miliki sekarang hanya di HIJUP.com

shop-here-button-05

YVES(EMAGZ)

Shop and Get Yves Rocher for Free!

Published in Entertainment
by Anastasia Gretti Schender

YVES(EMAGZ)

 

Manjakan dirimu dengan kelembutan botanical produk dari Yves Rocher. Beauty brand asal Perancis yang selalu mengunakan bahan alami, ini memiliki produk Mango Coriander Body Lotion dan Mini Balm Vanilla dengan aroma mampu melembabkan tubuhmu. Mango Coriander Body Lotion merupakan body lotion berukuran 390 ml dengan ekstrak buah mangga yang kaya akan vitamin dan aroma menyegarkan. Teksturnya sendiri sangat light dan mudah meresap pada kulit, sehingga sangat cocok dikenakan pada pagi hari untuk menamani harimu. Berbeda dengan Mini Balm Vanilla yang menyerupai body butter berukuran 30 ml dengan ekstrak vanilla dengan aroma lembut dan menenangkan. Takstur yang dimiliki lebuh kental dan creamy sehingga sangat cocok bagi kamu yang memiliki kulit kering.

Penasaran ingin mencoba Mango Coriander Body Lotion dan Mini Balm Vanilla dari Yves Rocher? Belanja di HIJUP sekarang dengan mininum order Rp 500.000 dan kamu bisa langsung mendapat Mango Coriander Body Lotion dan Mini Balm Vanilla dari Yves Rocher senilai Rp 260.000. Kamu hanya cukup memasukan kode voucher YVESROCHERXHIJUP sebelum melakukan proses check out. Promo ini berlangsung dari tanggal 8 Agustus hingga 11 Agustus 2017. Klik botton dibawah ini untuk berbelanja!

shop-here-button-05

 

HJ2_1312

Rahasia Kulit Wajah Cerah dan Kencang dengan Rangkaian White Botanical

Published in Beauty
by Anastasia Gretti Schender

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit wajah akan mengalami berbagai permasalahan baru. Mulai dari kusam, timbulnya kerutan halus, hingga flek hitam pada wajah. Masalah tersebut merupakan hal wajar dihadapi tertama bagi para wanita Asia khususnya Indonesia yang memiliki kondisi cuaca tropis dengan polusi udara yang cukup tinggi.

Solusi yang bisa mengatasi dan mencegah kondisi kulit tersebut adalah kembali menggunakan skin care yang memiliki extract bahan alami. Tumbuh-tumbuhan seperti licorice dan white lupin meruapakan suatu jenis bahan alami yang ternyata sangat ampuh mencerahkan serta mengencangkan kulit wajah. Manfaat dari licorice yang merupakan jenis akar-akaran memang sudah tidak diragukan lagi. Licorice memiliki kandungan yang mampu mengurangi mengurangi flek-flek hitam serta mencerahkan kulit. White lupin sendiri merupakan jenis tumbuhan seperti rerumputan yang dibudidayakan di Perancis. Ekstrak dari white lupin sendiri memiliki fungsi mampu mendorong produksi kolagen berkualitas terbaik, sehingga meningkatkan elastisitas, kekencangan, dan melembutkan kulit.

Kedua bahan yang memiliki khasiat tinggi tersebut terkandung dalam skin care White Botanical series dari Yves Rocher. Yves Rocher merupakan beauty brand nomor 1 asal Perancis yang menggagas tema botanical beauty sejak tahun 1959. Untuk itu Yves Rocher selalu menggunakan bahan alami berkualitas tinggi yang ramah lingkungan dalam formula produknya, termasuk kemasan produk yang juga dapat didaur ulang. Karena menggunakan bahan alami, maka berbagai produk dari Yves Rocher tergaransi dan sangat aman dikenakan oleh siapa saja dan telah diuji di bawah kontrol dermatologis. Seperti pada Yves Rocher White Botanical yang terdiri dari beberapa rangkaian dan juga aman bagi segala jenis kulit hingga kulit sensitif.

HJ2_1312

Yves Rocher White Botanical – Exceptional Toner 

Toner ini memiliki tekstur cair, ringan, serta menyegarkan wajah saat digunakan. Efek menyegarkan tak hanya dirasakan pada kulit, tetapi toner ini juga memiliki aroma segar yang menenangkan. Setelah digunakan kulit akan langsung terasa lebih halus. Setelah mengenakan toner dengan kombinasi White Lupin dan Licorice, maka kulitmu akan siap menerima skin care pencerah selanjutnya.

Yves Rocher White Botanical – Exceptional Youth Essence

Setelah mengenakan toner, tambahkan essence sebagai rangkaian dari skin care.  Exceptional Youth Essence sendiri mampu membuat kulit tampak lebih cerah sekaligus mengurangi tanda penuaan di wajah. Dengan tekstur gel dan ringan, essence ini diperkaya kombinasi White Lupin dan Licorice dan sangat mudah berasimilasi dan menyerap dikulit. Aplikasikan pada area wajah dan leher lalu lanjutkan dengan pelembap secara rutin untuk mengurangi noda hitam, menyamarkan kerutan, dan mengembalikan keremajaan kulit.

Yves Rocher White Botanical – Exceptional Youth Cream

Lengkapi juga perawatan wajahmu dengan night cream yang diaplikasikan sebelum tidur pada wajah dan leher. Dengan tektur gel-cream, night cream ini sangat lembut, mudah menyerap, dan melembabkan kulit. Di pagi harinya, kamu akan merasakan tekstur kulit yang sangat moist, kenyal, dan segar berseri.

Yves Rocher White Botanical – Exceptional Youth Dark Spot Correction

Keunggulan kombinasi White Lupin dan Licorice juga bisa dirasakan dari produk Anti Dark Spot. Dilengkapi aplikator khusus yang lembut dan menyerupai jari dapat membantu aplikasi lebih presisi. Kamu dapat sedikit memberikan pijatan kecil dengan aplikator tersebut agar formula Anti Dark Spot dapat menyerap maksimal dan mampu menyamarkan noda hitam.