0 %

standard / ARCHIVES

aid872566-728px-Remove-Grease-or-Oil-Stains-from-Clothing-Step-1 (2)

Cara Mudah Menghilangkan Noda pada Baju Putih

Published in Inspiration
by Anastasia Gretti Schender

Sebelum kamu putus asa dengan baju berwarna putih yang terkena noda, jangan dulu menyerah untuk menghilangkan noda tersebut. Ada banyak cara mudah untuk menghilangkan noda dari tumpahan kopi, kuah opor, ataupun bercak darah. Tips berikut ini dapat kamu praktikkan untuk menghilangkan noda tersebut pada baju putihmu. Bajumu pun akan kembali bersih cemerlang dan kamu masih tetap dapat memakainya.

aid872566-728px-Remove-Grease-or-Oil-Stains-from-Clothing-Step-1 (2)

1. Pertolongan Pertama

Yang terpenting dari menghilangkan noda adalah semakin cepat kamu membersihkan noda yang menempel pada bajumu maka semakin mudah noda itu untuk dihilangkan. Jika kamu belum sempat membersihkannya dengan deterjen, tindakan tercepat yang dapat kamu lakukan adalah menepuk-nepuk daerah yang terkena noda dengan kain basah atau es batu. Cukup ditepuk-tepuk, jangan digosok. Setelah dicuci, pastikan nodanya benar-benar tak terlihat sebelum dijemur dan dikeringkan.

2. Noda Tinta

Noda dari tinta yang masih segar sebenarnya mudah dihilangkan, tetapi noda ini akan menjadi sangat sulit dibersihkan ketika sudah terlalu lama menempel pada bajumu. Saat terkena noda tinta, segeralah alirkan air dingin pada daerah yang terkena noda kemudian cuci dengan air panas. Metode ini juga dapat diterapkan pada noda kopi dan teh.

3. Noda Protein

Bercak darah, keringat, dan muntahan termasuk dalam noda protein yang dapat dihilangkan oleh larutan penghilang noda yang bersifat basa. Larutan ini akan melarutkan protein yang menempel pada baju gamis untuk lebaran milikmu yang berwarna putih. Deterjen yang mengandung enzim juga dapat digunakan karena kemampuannya memecah protein dan melarutkannya.

4. Noda Kombinasi

Noda kombinasi, meliputi noda dari saus, makeup, dan crayon, adalah kombinasi dari jenis noda tinta dan protein. Perlakuan pertama yang bisa kamu lakukan adalah membasuh daerah yang terkena noda dengan air dingin. Kemudian gosokkan deterjen cair dengan lembut pada daerah noda dan dilanjutkan dengan membilasnya. Jika noda belum juga hilang, aplikasikan stain stick pada bekas noda.

5. Noda Susu

Noda produk susu masuk dalam tipe noda protein. Noda segar dari produk susu harus direndam dalam air dingin terlebih dahulu sebelum dicuci. Jika noda produk susu sudah mengering, sikat noda keringnya lalu rendam selama beberapa jam dalam larutan air dingin dan deterjen yang mengandung enzim. Setelah dikucek dan ternyata nodanya belum juga hilang, rendam lagi selama 30 menit lalu kucek lagi hingga bersih.

6. Noda Buah

Noda buah dapat ditangani dengan merendamnya dalam larutan air panas dan deterjen yang mengandung enzim. Jangan menggunakan sabun organik, karena sabun ini dapat membuat noda menjadi menempel permanen. Rendam daerah yang terkena noda selama 30 menit. Jika setelah direndam dan dicuci ternyata belum hilang nodanya, kamu dapat menggunakan pemutih untuk menghilangkannya.

7. Noda Rumput

Noda rumput adalah noda dari campuran klorofil, xantofil, dan karotenoid yang sangat susah dihilangkan. cara menghilangkannya adalah dengan merendam daerah yang terkena noda di dalam larutan air dingin dan deterjen yang mengandung enzim selama 30 menit. Jangan gunakan air panas, karena air panas dapat menggumpalkan noda sehingga akan membuatnya tambah sulit dihilangkan.

8. Noda Lumpur

Noda lumpur yang mengotori baju gamis lebaran terbaru milikmu harus dibiarkan kering sebelum dibersihkan. Sikat nodanya kemudian rendam dalam larutan air hangat, deterjen, dan cuka selama 15 menit. setelah direndam lalu bilas dengan air bersih dan biarkan beberapa menit. Jika noda masih belum hilang, kamu dapat menggosoknya dengan spons yang telah dicelupkan dalam alkohol. Kamu juga dapat menggunakan klorin yang aman untuk kulit dan bilas dengan air.

9. Noda Saus

Perlakuan terhadap noda saus adalah dengan merendam gamis lebaran warna putih yang terkena noda dalam campuran air dingin, deterjen cair, dan cuka. Jika noda masih terlihat, gosok daerah yang terkena noda dengan deterjen cair lalu bilas dengan air. Kamu dapat menggunakan deterjen yang mengandung enzim dan merendam selama semalam jika ternyata nodanya masih membandel. Jangan gunakan air panas untuk membersihkan noda ini karena dapat membuat noda menempel permanen.

foto: berbagai sumber

Cups of coffee and plate of dates.

Niat Mengganti Puasa Ramadhan

Published in Faith
by Laiqa Magazine

Cups of coffee and plate of dates.

Ada hal-hal yang membuat seseorang tidak dapat melaksanakan puasa Ramadhan, misalnya datang bulan bagi wanita, atau sakit yang tiba-tiba melanda. Oleh karena itu, puasa tersebut harus diganti (qadha) pada hari lainnya di luar bulan Ramadhan.

Lafadz niat yang digunakan untuk meng-qadha puasa Ramadhan yaitu:

Nawaitu shauma ghadin ‘an qadhaa-i fardhi ramadhaana lillaahi ta’aalaa
Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta’ala

Tak ada perbedaan yang begitu jauh antara niat puasa Ramadhan dengan niat qadha puasa. Keduanya tetap diniatkan dalam hati dengan batas waktu niat yakni dari waktu magrib hingga subuh. Qadha puasa Ramadhan wajib hukumnya untuk dilaksanakan sesuai banyaknya puasa yang telah ditinggalkan saat Ramadhan.

Rasulullah SAW bersabda:
Qadha (puasa) Ramadhan itu, jika ia berkehendak, maka ia boleh melakukannya terpisah. Dan jika ia berkehendak, maka ia boleh melakukannya berurutan. ” (HR. Daruquthni, dari Ibnu ‘Umar).

Dari hadits di atas dijelaskan bahwa qadha puasa tidak wajib dilakukan secara berurutan. Qadha dapat dilakukan kapan saja baik secara berurutan ataupun terpisah. Waktu untuk melaksanakannya pun cukup lama, yaitu hingga Bulan Ramadhan berikutnya.

Jika ada orang-orang yang tidak menyelesaikan qadha puasa Ramadhan sampai Bulan Ramadhan berikutnya tanpa halangan yang berarti, maka hukumnya haram atau berdosa. Lain halnya dengan orang yang berhalangan qadha puasa Ramadhan karena udzur, maka mereka tidak berdosa.

Bagi orang yang meninggal dunia sebelum memenuhi kewajiban qadha puasa Ramadhan, pihak keluarga wajib memenuhinya. Sebagian pendapat menyatakan qadha puasa Ramadhan bagi orang yang meninggal dapat diganti dengan fidyah, yakni memberi makan orang miskin sebanyak 0.6 kg makanan pokok untuk setiap hari berpuasa.

Rasulullah SAW bersabda:
Siapa saja meninggal dunia dan mempunyai kewajiban puasa, maka dapat digantikan dengan memberi makan kepada seorang miskin pada tiap hari yang ditinggalkannya.” (HR Tirmidzi, dari Ibnu ‘Umar)

Sedangkan pendapat lainnya menjelaskan bahwa jika orang yang meninggal tersebut belum meng-qadha puasa, maka pihak keluarganya wajib menggantikan dengan melaksanakan qadha puasa Ramadhan, tapi tidak diperkenankan menggantinya dengan fidyah. Pelaksanaan qadha puasa tersebut dapat digantikan orang lain atas seizin keluarganya.

Rasulullah SAW bersabda:
Siapa saja meninggal dunia dan mempunyai kewajiban qadha puasa, maka walinya (keluarganya) berpuasa menggantikannya.” (HR. Bukhari dan Muslim, dari Aisyah)

Dari berbagai sumber

7

Tetap Cantik Selama Berbagi Kebahagiaan Lebaran

Published in Inspiration
by Hafsyah

Hari Raya Idul Fitri adalah momen silaturahmi. Kita menjumpai sanak-saudara dan kerabat yang lama tidak kita temui. Tentu pada hari ini kita ingin memberikan tampilan terbaik dari segi busana, makeup, hingga gaya hijab. Salah satu kenikmatan Idul Fitri yang juga merupakan musuh kesempurnaan penampilan kita adalah berbagai hidangan lezat yang menggoda selera.

7

Kita sering kali harus ekstra hati-hati saat makan ketupat dan sayur berkuah agar tidak mengotori pakaian. Tanpa kita sadari percik-percik makanan bersantan mengotori bagian depan baju kita, sehingga mengurangi keindahannya. Apalagi jika ini terjadi saat kita tengah berkunjung ke rumah kerabat, sehingga tidak mungkin kita berganti pakaian lagi. Tak kalah mengganggu adalah remah-remah kue. Beberapa kue kering meninggalkan serpihan kecil di sekitar mulut, leher, dan dada ketika digigit. Selain mengganggu penampilan, kita juga merasa risih pada tuan rumah, bukan?

Bagaimana jika Lebaran tahun ini kamu mencoba cemilan praktis Pocky? Snack favorit penduduk Negeri Sakura ini hadir di Indonesia sebagai alternatif cemilan halal yang cocok dinikmati kapan saja, termasuk di Hari Raya. Pocky juga cocok jadi cemilan untuk menemani kamu di kemacetan jalan raya sambil berkeliling silaturahmi ke rumah sanak-saudara. Hal ini karena kemasan Pocky pas di kantong (pocketable), sehingga mudah dibawa kemana saja. Tak kalah pentingnya adalah teknologi unik dalam biskuit Pocky yang menjadikannya tidak mudah patah, namun tetap renyah. Selain itu, jangan khawatir Pocky akan mengotori baju Lebaran dan makeup wajahmu. Karena biskuit Pocky dijamin bebas remah-remah (crumbs free). Pocky juga merupakan snack yang higienis, dirancang dengan bentuk khusus sehingga tidak akan ada sisa-sisa krim yang menempel di jari tangan.

Idul Fitri adalah momentum kita untuk berbagi. Pocky sangat mudah dibagikan tanpa perlu dibelah atau dipotong, siap santap. Seperti slogan Pocky, share happiness, bagikan kenikmatan Pocky bersama sanak saudara. Pocky juga merupakan pilihan cemilan Idul Fitri yang pas karena mudah dikonsumsi dan tidak mengganggu aktivitas kita.

Umat Muslim dapat menikmati Pocky dengan tenang, karena camilan halal satu ini telah resmi mengantongi sertifikasi halal MUI pada Agustus 2016. Sebelumnya, Pocky yang diimpor ke Indonesia telah dinyatakan halal oleh CICOT Thailand sejak awal hadir di Indonesia pada tahun 2014. Sehingga seluruh merek produk Glico yang telah dan sedang dijual di Indonesia, yakni Pocky, PRETZ dan Pejoy aman dikonsumsi dan sesuai dengan syariat Islam. Mulai pertengahan tahun 2017 Pocky akan menambahkan logo Halal pada seluruh kemasan yang sedang dan akan dijual di seluruh Indonesia. Pastikan Idul Fitri ini, ada #PockyinMyPocket dan rayakan hari kemenangan dengan bergembira.

530A4194

5 Keistimewaan Bulan Syawal

Published in Faith
by Anastasia Gretti Schender

530A4194

Bulan Syawal adalah bulan kemenangan bagi seluruh umat Islam. Setelah satu bulan lamanya menjalankan ibadah puasa, bulan kesepuluh hijriyah ini hadir dengan keistimewaannya. Apa saja keistimewaan Bulan Syawal?

1. Kumandang Takbir

“Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar Laailaha ilallahu Allahu Akbar Allahu Akbar Walillaa ilhamdu”

Keistimewaan Bulan Syawal diawali dengan takbir yang dikumandangkan dalam menyambut 1 Syawal. Seluruh umat Islam dengan penuh suka cita mengumandangkan takbir. Bahkan tak hanya di Masjid, di rumah-rumah dan jalan-jalan pun gema takbir menambah riuh hari kemenangan. Kumandang takbir adalah bentuk ungkapan rasa syukur telah selesai menjalani ibadah pada bulan Ramadhan.

2. Kembali pada Fitrah

Bulan Syawal merupakan bulan kembali pada fitrah setelah satu bulan lamanya menahan dan berperang melawan hawa nafsu. Haram hukumnya berpuasa saat telah datang 1 Syawal. Di bulan penuh kemenangan ini seluruh umat Islam akan kembali pada fitrahnya, dilipatgandakan pahalanya setelah menjalankan ibadah wajib dan sunnah saat bulan puasa, serta diampuni dosanya bagi umat yang selalu tak lupa berikhtiar.

3. Meningkatkan Silaturahmi

Jika biasanya disibukkan oleh padatnya aktivitas pekerjaan, maka bulan syawal adalah bulan yang tepat untuk meningkatkan silaturahmi dengan sanak saudara dan karib kerabat. Bulan Syawal adalah bulan penuh rahmat dan berkah karena umat Islam dapat meningkatkan silaturahmi. bagi yang jarang bertemu, momen Bulan Syawal ini dapat dimanfaatkan untuk reuni dan halal bi halal.

4. Puasa Enam Hari Setara dengan Puasa Satu Tahun

Di Bulan Syawal terdapat amalan puasa sunnah enam hari yang nilainya setara dengan telah berpuasa satu tahun. Seperti yang diriwayatkan dalam hadits berikut:

“Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan lalu diiringinya dengan puasa enam hari bulan Syawal, berarti ia telah berpuasa setahun penuh.” (HR. Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i dan Ibnu Majah).

5. Bulan yang Baik untuk Menikah

Menurut Imam An-Nawawi, hadits berisi anjuran menikah pada bulan Syawal menerangkan bahwa Siti Aisyah menegaskan: “Rasulullah SAW menikahi saya pada Bulan Syawal, berkumpul (membina rumah tangga) dengan saya pada Bulan Syawal, maka siapakah dari isteri beliau yang lebih beruntung daripada saya?”.

 

BANDA ACEH, 27/11 - TAKBIRAN IDUL ADHA. Remaja masjid mengikuti pawai takbiran Idul Adha 1430 Hijiriah di  Banda Aceh, Kamis (26/11). Ribuan warga dan ratusan kendaraan ruda dua dan empat di ibukota Provinsi Aceh itu mengikuti pawai takbiran keliling kota.FOTO ANTARA/Irwansyah Putra/ed/hp/09.

Mengapa Harus Takbiran?

Published in Faith
by Hafsyah

Takbir adalah salah satu tradisi Idul Fitri yang cukup lekat dengan masyarakat Muslim Indonesia. Takbir berkumandang di mana-mana, menghadirkan suasan tersendiri yang tidak ditemukan di hari lain. Takbiran adalah salah satu cara menghidupkan malam hari raya bagi umat Muslim. Hal ini didasarkan pada firman Allah dalam Surat Al-Baqarah ayat 185, “Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” Salah satu bentuk pengagungan nama Allah adalah dengan bertakbir.

Tradisi takbiran

Imam Nawawi Rahimahullah dalam kitab Al-Majmu’ mencantumkan sebuah riwayat, “Dari Nafi’ dari Abdullah bin Umar, bahwa Rasulullah SAW berangkat pada hari raya beserta al-Fadll bin Abbas, Abdullah, Abbas, Ali, Ja’far, al-Hasan, Husain, Usamah bin Zaid, Zaid bin Haritsah, Ayman Ibn Ummu Aiman mereka meninggikan suaranya (mengeraskan suara) dengan membaca tahlil dan takbir, mengambil rute satu jalan hingga tiba di tempat salat. Dan ketika mereka selesai shalat, mereka kembali melewati rute yang lainnya hingga tiba di kediamannya”. (HR. Al-Baihaqi).

Sedangan keras-lembutnya suara takbir tidak diatur dengan jelas, apalagi dengan perkembangan zaman melalui speaker dan sebagainya. Namun cukup secara jahr (keras), minimal terdengar oleh telinga kita sendiri. Rasulullah dan para sahabat juga melalui jalan yang berbeda antara berangkat dan pulang salat. Tujuannya untuk menyebarkan syiar dan takbir secara lebih luas. Di samping itu, dengan melalui jalan yang bereda, akan terbuka peluang bersilaturahmi dengan lebih banyak orang lagi, baik para tetangga hingga orang yang berpapasan dengan kita di jalan.

Sedangkan di Indonesia, pelaksanaan takbir banyak diwarnai berbagai budaya dan tradisi. Antara lain mengarak bedug atau memukul kentongan berkeliling kampung, menghabiskan malam mengaji dan bertakbir di masjid, dan lain-lain. Bagaimana dengan budaya takbiran di daerahmu? Share tradisi malam takbiranmu di kolom komentar di bawah ini ya!

bajubaru

Baju Lebaran Menurut Islam

Published in Faith
by Hafsyah

Hari Raya Idul Fitri selalu identik dengan baju baru. Ungkapan ini dapat kita temukan hingga pada lagu anak-anak. Berbelanja baju baru seakan menjadi tradisi menyambut Lebaran di Indonesia. Sebagaimana dapat kita lihat pasar, mall, begitu ramai dipadati pembelanja bahkan sejak Ramadhan. Para produsen fashion dan tempat perbelanjaan beramai-ramai menggelontorkan diskon-diskon menarik bertemakan Idul Fitri. Pertanyaan “Sudah beli baju Lebaran belum?” begitu lazim menghiasi percakapan sehari-hari kita. Namun ironisnya, baju baru berkembang menjadi salah satu elemen penting dari Idul Fitri, bahkan menyamai ketupat, Salat Id, mudik, dan lain-lain. Sebenarnya bagaimana hukum baju baru Lebaran menurut Islam?

Baju baru Lebaran

Idul Fitri adalah hari raya besar dalam Islam. Umat Islam hanya mengenal dua perayaan setiap tahun, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Dari Anas RA, “Ketika Nabi Muhammad SAW datang ke Madinah, penduduk Madinah memiliki dua hari raya untuk bersenang-senang dan bermain-main di masa jahiliyah. Maka beliau berkata, “Aku datang kepada kalian dan kalian mempunyai dua hari raya di masa Jahiliyah yang kalian isi dengan bermain-main. Allah telah mengganti keduanya dengan yang lebih baik bagi kalian, yaitu hari raya Idul Fitri dan Idul Adha (hari Nahr).” (HR. An-Nasai).

Sehingga jelas melalui dalil ini, bahwa pada Idul Fitri, umat Muslim memang harus menyambutnya dengan suka cita penuh kegembiraan. Imam Al-Bukhari dalam bukunya meriwayatkan sebuah hadits Abdullah bin Umar RA berkata, “Umar RA mengambil sebuah jubah dari sutera yang dijual di pasar, lalu dia mendatangi Rasulullah , kemudian berkata, ‘Wahai Rasulullah, belilah jubah ini dan berhiaslah dengannya untuk hari raya dan menyambut tamu.’ Maka Rasulullah SAW bersabda, ‘Sesungguhnya ini adalah pakaian orang yang tidak mendapatkan bagian (di Hari Kiamat).’” Islam memang mengharamkan pria mengenakan pakaian dari sutera, namun dari hadits ini dapat kita tangkap sunnah untuk berhias mengenakan pakaian terbaik di hari raya Idul Fitri sebagai bagian dari suka cita kita menyambut Lebaran.

‘Kegelisahan’ akan baju baru Lebaran rupanya telah ada sejak zaman penyebaran Islam. Sebagaimana diriwayatkan sesungguhnya Umar bin Khattab RA pernah melihat putranya memakai baju yang usang pada Hari Raya, lalu Umar menangis, sehingga putranya bertanya, “Apa yang membuat ayah menangis?”. Umar berkata, “Hai anakku, aku khawatir kalau hatimu menjadi susah di hari raya ini, ketika teman-temanmu melihatmu memakai baju usang itu”. Putranya berkata, “sesungguhnya hanya hati orang yang kehilangan ridha Allah yang merasa bersedih atau orang yang berani kepada Ibu atau bapaknya. Dan sesungguhnya aku benar-benar mengharap ridha Allah berkat ridha ayah padaku”.

Sebagaimana hakikatnya sebuah sunnah, maka berhias diri pada hari raya Idul Fitri mendapat pahala, dan meninggalkannya tidak berdosa. Pakaian terbaik pun tidak harus selalu yang baru. Di sinilah umat Islam harus bersikap wara’ (waspada, mawas diri), karena iblis menyusupi hawa nafsu kita untuk menjadi konsumtif dan boros. Dari Wahab bin Munabbih RA, “Sesungguhnya iblis memekik histeris pada setiap hari raya, lalu anak buah iblis berkumpul mengerumuninya dan bertanya, ‘Hai tuan kami, apakah yang menyebabkan kemarahan Anda?’ Iblis berkata, ‘Sesungguhnya Allah SWT benar-benar telah mengampuni umat Muhammad SAW pada hari ini. Maka kamu sekalian harus berusaha keras dengan segala macam kelezatan dan kesenangan nafsu.’” Termasuk di antara kesenangan nafsu Idul Fitri adalah boros berbelanja, bermewah-mewahan, hingga terlalu banyak makan. Naudzubillahi min dzalik…

530A2848

Inspirasi Gaya Hijab Simpel Saat Mudik

Published in Fashion
by Laiqa Magazine

Mudik atau pulang kampung adalah hal yang paling ditunggu-tunggu saat menjelang hari raya lebaran. Saat bepergian mudik menggunakan kendaraan apa pun, kita perlu mengenakan pakaian yang nyaman. Agar mudik kita bersama keluarga tetap terasa nyaman dan aman.

Begitu juga dengan gaya hijabnya, saat mudik lebih baik memilih gaya hijab untuk lebaran yang simple. Apalagi jika kamu mudik bersama keluarga menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kereta api atau bus. Suasana yang sesak bahkan hari yang terasa panas, bisa membuat penampilan kita saat mudik menjadi kurang nyaman. Untuk itu, kamu perlu memilih bahan dan gaya hijab simpel yang tepat saat mudik. Lihat beberapa inspirasinya berikut ini.

Pilih Bahan Hijab yang Tepat

Apapun jenis kendaraan yang kamu gunakan saat pergi mudik, pastikan kamu mengenakan pakaian dan hijab yang super nyaman. Karena cuaca yang panas dan suasana sesak saat antri naik kendaraan umum dapat membuat mood berpenampilan kamu jadi rusak. Sebelum pergi mudik, tidak ada salahnya kamu memilih bahan hijab yang seperti apa yang akan kamu pakai. Agar terlihat tetap nyaman dipakai, coba pilih hijab dari bahan katun, kaus atau bahan paris yang dapat menyerap keringat dan tidak membuat kepalamu semakin gerah. Selain itu, pemilihan inner hijab juga perlu diperhatikan. Sebaiknya kamu memilih inner hijab yang terbuat dari bahan kaus yang dapat menyerap keringat sehingga tidak membuat kepalamu jadi gatal. Berikut 4 pilihan gaya hijab simpel untuk mudik yang dapat kamu coba.

  1. Classic Turkish

530A2837

Allura – Acacia

shop-here-button-05

Untuk kamu yang senang berpenampilan praktis dan tidak ingin ribet, kamu bisa memilih gaya hijab turkish yang mudah diaplikasikan. Coba kenakan inner ninja dan gunakan hijab segi empat yang warnanya senada dengan warna bajumu. Lalu, bentuk hijab segi empat menjadi segitiga, kemudian letakkan diatas kepala dengan sisi-sisi yang sama panjang. Sematkan peniti dibawah dagu, lalu bawa sisi kanan dan kiri hijab ke belakang leher, dan ikat.

  1. Veil Pashmina

530A2848

Popyt – Katun Denim Dark Grey

shop-here-button-05

Selain itu, kamu juga bisa mengenakan gaya hijab pashmina yang sederhana. Pilih pashmina yang berbahan  katun agar lebih mudah diaplikasikan dan tidak gerah saat dipakai. Kenakan inner ninja, lalu bentangkan pashmina berbahan katun di kepalamu. Lalu, sematkan peniti di bawah dagu, kemudian putar bagian ujung hijab kanan ke arah kiri dan ujung hijab kiri ke arah kanan. Padukan dengan atasan kaus yang nyaman dan relaxed pants.

  1. Simple Layer

530A2866

All’s Scarf – Icha Mono Pashmina Black 02

shop-here-button-05

Untuk kamu yang lebih suka dengan gaya hijab layer namun tetap simpel, kamu bisa mencoba salah satu gaya hijab simpel  yang satu ini. Coba pilih hijab pashmina yang sedikit bermotif, misalnya motif floral yang simpel. Kenakan inner hijab ninja, lalu bentangkan pashmina di atas kepala. Buat salah satu bagian hijab lebih panjang dari sisi yang satunya. Jangan lupa sematkan peniti di bagian bawah dagu. Putar bagian sisi hijab yang lebih panjang ke atas kepala dan sematkan jarum pentul di bagian sisi kepala.

  1. Instant Look

530A2812

L’Mira Ethnique – Manisa Instant Shawl

shop-here-button-05

Kamu juga bisa memilih hijab instan saat pergi mudik. Selain lebih mudah dikenakan gaya hijab instan juga terlihat nyaman. Pilih hijab instan yang bahannya lembut dan nyaman seperti kaus jersey, katun atau linen. Untuk model hijab instan, kamu bisa memilih gaya hijab instan yang kamu inginkan misalnya hoody style yang trendy.

 

Padu padan tunik modern 3

Padu Padan Tunik Modern untuk Hari Raya

Published in Fashion
by Anastasia Gretti Schender

Tunik merupakan atasan wanita dengan potongan longgar yang menutupi hingga bagian panggul. Tunik menjadi fashion item andalan bagi para wanita berhijab karena mampu menutupi lekuk tubuh. Bagi kamu yang ingin tampil beda di Hari Raya Idul Fitri kamu bias menjadikan tunik sebagai busana lebaranmu. Berikut tips padu padan tunik modern yang bisa kamu coba untuk Hari Raya Idul Fitri.

Feminine Chic with Tunic

Padu padan tunik modern 5

Trend celana dan atasan dengan lengan terompet seolah tak boleh dilewatkan oleh para wanita muslim. Bentuknya yang sangat khas dan unik akan membuat penggunanya tampak feminine dan stylish. Kamu bisa memadukan tunik belengan terompet dengan celana berbentuk serupa sebagai gaya lebaran yang bersifat semi formal. Pilihlah 2 nuansa warna berbeda seperti ungu dan biru untuk menciptakan kesan fresh. Seimbangkan penampilanmu dengan mengenakan jilbab segi empat motif yang memiliki kombinasi 2 warna tersebut. Dijamin gaya lebaranmu akan berbeda dengan gaya biasanya.

Padu padan tunik modern 6Covering Story – Ebyna Tunic

Morning Sunshine – Arilla Tunic

Allura – Lovestruck

shop-here-button-05

Graceful Light with Tunic

Padu padan tunik modern 3

Belum bisa move on dari nuansa warna putih? Kamu bisa menciptakan kesan graceful light untuk busana muslim lebaran 2017. Kenakanlah tunik modern bernuansa putih yang memiliki aksen terompet pada bagian siku. Padukanlah dengan celana basic berwarna putih dan outerwear berupa vest dengan warna senada. Tambahkan sentuhan motif pada jilbab yang kamu kenakan untuk menambah kesan cantik pada hari raya nanti.

Padu padan tunik modern 4Kaimma Malabis – Marco Printed Scarf

Kaimma Malabis – Maya Tunik

Covering Story – Nerosa Long Vest

shop-here-button-05

DESIGNER-FOCUS-(EMAGZ)

Designer Focus: Biye

Published in Fashion
by Layyinah Ayu Sukmaningrum

Memberikan warna baru dalam dunia fashion Indonesia, Biye yang didirikan pada tahun 2014 menawarkan kepadamu berbagai koleksi busana muslim dengan karakter simpel. Diciptakan oleh seorang desainer bernama Yeye Sarwono, Biye merupakan brand yang mengedepankan konsep modest wear atau busana muslim yang tertutup, klasik, dan simpel. Konsep dan karakter klasik dan simpel ini selalu ada dan terwakilkan dalam setiap produknya. Produk Biye sangat beragam, mulai dari daily wear seperti dress, celana, dan blouse hingga aksesori untuk wanita berjilbab seperti pashmina scarf dan inner. Hal ini membuatmu dengan mudah dapat barganti gaya setiap harinya menggunakan produk yang disediakan oleh Biye.

DESIGNER-FOCUS-(EMAGZ)

Setiap tahunnya Biye menelurkan koleksi baru yang memiliki tema-tema tersendiri dan unik. Untuk tahun ini, Biye merilis koleksi terbarunya di awal tahun. Koleksi terbarunya ini mengangkat tema Forrest. Sesuai dengan namanya, koleksi terbaru Biye terinspirasi oleh nuansa yang ditampilkan pada seri drama Little House on the Prairie. Tak hanya nuansa hutan yang lekat pada seri tersebut yang menginspirasi Biye, namun gaya dan kostum wanita yang menjadi tokoh di dalamnya juga menjadi inspirasi koleksi terbarunya ini. Bahan yang digunakan untuk membuat setiap item dalam koleksi Forrest ini adalah fine cotton, linen, dan velvet. Bahan-bahan ini diharapkan mampu menonjolkan kesan forest yang sejuk dan nyaman dipakai. Dalam koleksinya ini, Biye membagi menjadi 2 kelompok tone warna utama yang diluncurkan dalam rentang waktu yang berbeda pula. Kedua tone warna tersebut adalah tone warna pastel dan tone warna gelap. Warna-warna yang digunakan disesuaikan dengan musim di Indonesia yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Warna pastel digunakan untuk koleksi yang diluncurkan pada bulan Januari hingga bulan Juni. Sedangkan warna-warna gelap dipilih untuk dipalikasikan pada koleksi yang diluncurkan pada bulan Juni hingga bulan Desember. Meskipun dibagi menjadi 2 kelompok besar, ada sebuah benang merah yang menghubungkan keseluruhan koleksi Forrest ini dan menjadi salah satu ciri khasnya yaitu warna hitam. Dalam koleksi Forrest ini, warna hitam selalu ada pada setiap produknya, apapun warna dasar yang digunakannya.

Untukmu yang ingin tampil klasik dan simpel namun tetap stylish, kamu bisa mengoleksi item fashion yang diluncurkan oleh Biye. Berikut beberapa koleksi Biye yang bisa kamu koleksi dan padu padankan.

jual biye HIJUP

Biye Indonesia – Fofo Pants

shop-here-button-05

 

jual biye HIJUP 2

Biye Indonesia – Alila Tunik 17

shop-here-button-05

jual biye HIJUP 3

Biye Indonesia – Mexi Tunic 17

shop-here-button-05

jual biye HIJUP 5

Biye Indonesia – Malaya Dress 17

shop-here-button-05

jual biye HIJUP 4

Biye Indonesia – Melisa Pants

shop-here-button-05

 

 

 

 

 

 

 

 

gitasav

Gitasav’s a cup of Tea

Published in Inspiration
by Anastasia Gretti Schender

Pembawaannya yang santai di setiap video pada YouTube channel miliknya dan tulisannya yang lugas pada blognya A cup of tea, membuat Gita Savitri Devi atau yang akrab dipanggil Gitasav menjadi pusat perhatian. Perempuan kelahiran 27 Juli 1992 ini besar di Jakarta dan memiliki mimpi untuk bekerja menjadi ahli Kimia di sebuah labolatorium. Gita memang berkuliah di jurusan Kimia Murni di Freie Universitat Berlin. Tulisannya Generasi Tutorial sempat menjadi viral dan beberapa video di YouTubenya juga ditonton lebih dari ratusan ribu views. Sosoknya di sosial media, benar-benar membuat saya penasaran untuk mengenal sosok Gita lebih dekat.

gitasav 2

HIJUP X ALLURA – Chelsea Scarf

HIJUP X MissMarina – Lamia Gamis

shop-here-button-05

Ceritain dong Gita, kapan awal mula pakai hijab?

Awal pakai hijab sejak 2012 karena pengaruh kuat dari muslimah Indonesia yang tinggal di Jerman. Di Jerman juga banyak yang menggunakan hijab dengan berbagai gaya. Sayangnya warga Islam dari berbagai negara yang bermukim di Jerman tidak bergabung satu sama lain.

Kalau blogging kapan mulainya? Gimana rasanya sekarang sudah jadi centre of attention di social media?

Blogging dari tahun 2009 karena di tahun tersebut, waktu itu aku baru lulus dari sekolah dan di masa menunggu masuk kuliah. Rasanya aneh. Aku masih ngerasa aku bukan siapa-siapa, ini bukan tentang aku tapi konten yang aku buat. Tapi kalau ada yang minta foto bareng, itu sih yang paling aneh.

Gita sendiri merasa mulai diperhatikan sejak kapan?

Awalnya dari video aku yang bercerita tentang pengalaman kuliah di Jerman. Aku sendiri lebih menikmati blogging karena audience-nya lebih banyak diskusi dibandingkan audience YouTube yang mungkin secara tidak sengaja mampir ke video yang dia buat.

Dengan follower yang Gita miliki apa yang ingin Gita lakukan?

Aku merasa anak muda Indonesia itu terlalu mengikuti pattern yang ada. Selesai SD, kemudian SMP, kemudian SMA, kemudian kuliah dan menikah, punya anak. Anak muda jaman sekarang harus punya keberanian untuk menyusun hidupnya sendiri, jangan terjebak dengan pola yang ada di sekitar kita. Satu lagi, aku merasa anak muda di Indonesia juga sulit untuk punya lifestyle sendiri padahal Indonesia itu kan besar. Semua seakan-akan terpusat pada apa yang dibagikan lewat sosial media, yang dibagikan oleh anak muda Jakarta. Aku melihat masih banyak anak muda yang susah payah ingin mengejar S1 hanya karena status atau gengsi yang ingin dikejar, padahal banyak lho SMK lain yang bagus. Dan karena gaya hidup yang terpusat di Jakarta juga, banyak anak muda yang susah payah bertahan dengan gaya hidup yang tinggi.

Apa respon keluarga dengan kehidupan Gita di sosial media?

Aku sehari-hari memang banyak di depan laptop mulai dari edit foto sampai bikin video. Begitu mereka melihat tulisan dan video aku “ooh jadi ini ya pekerjaan kamu”.

Apa alasan Gita membuat blog dan YouTube channel?

Blog itu wadah aku untuk menumpahkan semua yang ada di kepala aku karena pada dasaarnya aku introvert. Kalau aku pribadi sangat menyayangkan dengan channel-channel YouTube Indonesia yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia, padahal di Indonesia yang pertama diajarkan adalah sopan santun. Boleh jadi diri sendiri tapi bukan berarti lupa sama budaya Indonesia.

Apa pendapat GIta dengan semakin maraknya anak muda yang semakin mudah mendapatkan materi dengan memanfaatkan sosial media?

Sebenarnya sih ngga masalah, as long as itu halal. Tapi lebih baik lagi kalau channel mereka bisa dimanfaatkan dengan membuat campaign lain other than fashion, misalnya berbagi tentang pemikiran mereka yang bisa nge-drive anak muda ke arah yang lebih baik.

Dalam hal fashion, must have items Gita apa aja?

Sneakers, karena aku ngga bisa pakai sepatu tinggi. Baju apa aja asal longgar. Aku suka semua yang simple dan ngga neko-neko.

Tips berkuliah di luar negeri menurut Gita?

Jangan hanya mengejar lulus cepat dan nilai bagus, tapi mentalnya dirubah kalau kuliah di luar itu harus punya mindset cerdas. Nikmatin selama hidup sendiri, apalagi yang kuliah di luar sejak muda kaya aku umur 18 tahun. Karena itu proses pendewasaan diri kita juga.

Apa tips fashion yang berkuliah di luar negeri?

Jangan pilih material yang terlalu licin dan flowy, karena angin di luar itu kenceng banget. Terus modelnya yang senyaman mungkin apalagi kalau harus naik angkutan umum setiap saat.

Apa rencana Gita dalam waktu dekat selama tinggal di Indonesia?

Akan ada kolaborasi dengan Bena, menurutku dia salah satu YouTuber yang berkualitas.

Kalau rencana Gita ke depan setelah selesai di Indonesia?

Aku lagi mau bikin buku sama Gagas Media, tentang pemikiran aku yang semoga bisa memotivasi anak muda ke arah yang positif. Setelah lebaran aku juga akan pergi ke London untuk ikut camp dan training bersama YouTuber lain. Disana akan dilatih tentang how to make good content and deliver content. Video akan bercerita tentang xeno phobia, extrimism, hate speech. Ke depannya, insyallah September bisa lulus.

Kasih tips dong bagaimana agar anak muda bisa memanfaatkan sosial media nya sebagai source of income..

Coba dilihat apa yang sedang ramai dibicarakan. Dan jangan pernah jadikan uang sebagai satu-satunya tujuan kamu dalam membuat sosial media. Coba cari tujuan lain selain uang, misalnya ingin merubah society, mengejar pahala, something bigger than money jadi ngga gampang drop ketika misalnya endorse-an sepi, atau uang dari Google ngga banyak.

Kamu sendiri punya pertanyaan lain tentang Gita? Coba tulis pertanyaan kamu di kolom komen ya.. 

FI_2017_JUNI_20

Pilih Gamis, Abaya, atau Kaftan?

Published in Fashion
by Anastasia Gretti Schender

Gamis, abaya, dan kaftan merupakan busana muslim yang biasa dikenakan pada Hari Raya Idul Fitri. Dengan bentuk dan ciri khas yang berbeda-beda, 3 fashion item tersebut ternyata juga memiliki unggulan masing-masing. Bagi kamu yang belum menentukan akan membeli gamis, abaya, atau kaftan untuk hari raya, yuk ketahui kelebihannya masing-masing.

Gamis

Gamis merupakan pakaian muslim dengan potongan yang menyatu antara atasan dan bawahan. Bentuknya sendiri cendering lurus, panjang, dan longgar hingga mata kaki. Model gamis lebaran kini sangatlah bervariasi seiring dengan perkembangan trend. Berbagai aksen dan potongan yang unik pada gamis seolah menjadi karakter tersendiri. Pakaian dengan model baju gamis sangatlah cocok dikenakan oleh wanita dengan berbagai bentuk tubuh.

shop-here-button-05

Abaya

Abaya merupakan jenis pakaian yang berasal dari Timur Tengah. Pada dasarnya abaya merupakan sejenis gaun jubah seperti yang dikenakan oleh wanita-wanita di beberapa negara Islam pada bagian Timur Tengah termasuk di Afrika Utara dan Semenanjung Arab. Berbeda dengan abaya yang ada di negara lain, abaya yang ada di Indonesia biasanya memiliki tampilan yang sederhana, longgar, dan memiliki beberapa aksen cantik. Nuansa warnanya juga lebih beragam tidak hanya warna hitam. Abaya lebaran merupakan pakaian yang sangat cocok dikenakan bagi kamu yang memiliki bentuk tubuh besar. Bagi yang memiliki bentuk tubuh mungil ada baiknya kamu memilih high heels agar proporsi tubuhmu tak terlihat tenggelam.

shop-here-button-05

Kaftan

Kaftan merupakan salah satu jenis busana muslim yang sempat populer pada zaman kerajaan persia kuno. Memasuki tahun 2000an kaftan mengalami suatu perkembangan yang sangat pesat. Pada dasarnya kaftan merupakan pakaian muslim dengan pola potongan kotak. Seiring berjalannya waktu kaftan berevolusi dengan berbagai aksen dan pola yang baru. Beberapa ornamen seperti beads, bordir, hingga munculnya siluet baru berupa drapery merupakan sentuhan cantik yang sering kita temui pada kaftan. Busana muslim lebaran yang memiliki tampilan sangat elegan ini sangat cocok dikenakan bagi kamu yang ingin memberikan kesan tubuh lebih bervolume.

shop-here-button-05

IMG_0766

Inspirasi Makeup Lebaran

Published in Beauty
by Anastasia Gretti Schender

Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Merayakan bersama keluarga dan teman, berkumpul bersama dalam keadaan terbaik dan penampilan terbaik pula. Selain pakaian yang bersih dan rapi, riasan yang segar dan cantik juga penting untuk menunjang penampilan terbaikmu saat bersilaturahmi dan berkumpul bersama sanak saudara. Berikut adalah riasan yang dapat kamu jadikan referensi untuk kemeriahan hari raya idul fitri. Inspirasi makeup mulai dari riasan ringan hingga glamor dapat kamu aplikasikan selama lebaran.

fresh

Segar

Saat Idul Fitri, kamu biasanya memulai hari dengan tampilan yang bersih, simpel, dan segar. Pastikan kamu menggunakan sunblock atau sunscreen sebelum mulai makeup. Jika kamu mempunyai kulit yang sensitif, kamu sebaiknya menambahkan BB cream untuk coverage. BB cream pada dasarnya adalah tinted moisturizer yang memberikan coverage medium dan perlindungan terhadap matahari sekaligus. Jangan lupa untuk membubuhkan loose powder jika kamu memiliki kulit berminyak. Pastikan alismu terbentuk rapi namun jangan berlebihan agar wajahmu tampak alami dan segar. Untuk menyempurnakan tampilanmu, gunakan lip balm agar bibir tetap lembap.

festive

Meriah

Saat siang hari, biasanya kita menghabiskan waktu dengan keluarga besar dan halal bihalal. Untuk acara ini, kamu tentu ingin tampil cantik, menarik, dan meriah. Kunci utamanya adalah eyeliner indah, tebal, dan lentik. Gunakan eyeliner waterproof agar riasan matamu bertahan lebih lama. Tonjolkan riasan mata dengan maskara tebal atau tambahan bulu mata palsu. Eyeshadow berwarna champagne dengan finishing shimmery dapat kamu aplikasikan pada kelopak matamu. Jangan lupa untuk menambahkan perona pipi lembut dan efek dewy agar wajahmu tampak segar. Untuk menyempurnakan penampilanmu, gunakan lip stain agar kamu tak perlu touch up lagi.

glamor

Glamor

Di malam hari untuk menghadiri makan malam bersama, kamu dapat meningkatkan riasanmu menjadi lebih tegas. Namun tenang saja, kamu tak perlu waktu lama untuk mengubah riasanmu. Kamu cukup mengganti lipstikmu dengan warna yang lebih tegas dan menambahkan eyeliner pada garis air mata bawah. Gunakan eyeliner yang waterproof dan smudgeproof sehingga tidak akan meluber sepanjang malam. Untuk warna yang kamu gunakan, kamu bebas menentukannya sesuai dengan suasana acara.